RSS
Container Icon

Terapi Demam

TERAPI DEMAM


Diriwayatkan dengan shahih Al-Bukhari dan Muslim, dari Nafi, dari Ibnu Umar bahwa nabi saw.pernah bersabda yang artinya: "Sesungguhnya demam itu atau demam yang berat itu berasal dari uap api jahannam. maka dinginlah dengan air".

Abu Nu'aim dan ulama lain menceritakan sebuah hadits dari Anas yang berderajat marfu': yang artinya" kalau salah seorang di antara kalian demam, hendaknya ia mengguyur tubuhnya dengan air dingin selama tiga malam di waktu fajar'.

dalam Sunan Ibnu Majah dari hadits Abu Hurairah secara marfu' disebutkan : " demam itu berasal dari peniup tungku jahannam, maka singkirkan dengan menggunakan air dingin".

Dalam Musnad dan selainnya dari hadits Al-Hasan, dari Samurah dengan derajat marfu': " demam adalah sebagian dari pakaian api neraka, maka dinginkanlah dengan menggunakan air".

Rasulullah saw.sendiri apabila demam, beliau meminta diambilkan air lalu beliau guyurkan ke kepala beliau, lalu beliau mandi.

Dalam As-Sunan dari hadits Abu Hurairah diriwayatkan bahwa ia berkata : suatu saat ada orang membicarakan demam di dekat Rasulullah. tiba-tiba seorang lelaki mengecamnya. Rasulullah bersabda: "janganlah mencela demam. karena demam dapat menghapuskan dosa sebagaimana api melenyapkan karat pada besi" (Hadis senada juga dikeluarkan oleh Muslim dari jabir).

(Abu Umar Basyir Al-Maidani. 2004. Metode Pengobatan Nabi. Jakarta: Griya Ilmu)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar