RSS
Container Icon

SIRAH NABAWIAH

(Muhammad bin Abdullah Bin Abdul Muthalib bin Ibnu Hasyim bin Abu Manaf bin Usaid bin Manad . . .) Nama Nabi Muhammad saw.. Beliau adalah Rasul yang paling mulia di antara semua Rasul.
Nama Nabi Muhammad saw.:
1. Muhammad
2. Ahmad
Muhammad dan Ahmad mempunyai arti "pujian"
3. Almahi yang artinya menghapus dan meniadakan semua Rasul setelahnya
4. Al-Akhi yang artinya penutup Rasul setelahnya
5. Al-Hasyir yang artinya dan dengan Rasulullah, manusia akan dikumpulkan

Nama Ibu Rasulullah saw. adalah Siti Aminah

Tanggal lahir Rasul
lahir pada hari senin, bulan Rabiul Awal tahun Fill/Gajah. kenapa gajah? karena saat itu, Abrahah ingin menghancurkan ka'bah. Di Yaman mereka membangun ka'bah tandingan dan dikotori oleh orang-orang dan Abrahah marah sehingga menyerang ka'bah. di antara adat, orang Arab melahirkan anak laki-laki dan perempuan maka dibawa ke pedalaman (padang pasir) untuk dilatih bahasa dan berperang.
Hamzah bin Abdul Muthalib sepersusuan dengan Rasulullah saw. dari wanita Suaebah (Halimatussa'diyah). kebiasaan wanita Arab, pergi ke kota untuk mengambil anak-anak yang mereka susui.

Beliau ditinggalkan oleh ayahnya sebelum Rasulullah lahir. Halimatussa'diyah malu karena tidak mendapatkan anak susuan, karena Ibu Rasulullah merindukannya, maka dikembalikan ke Ibunya. namun, sebelum samai 5 tahun terjadi peristiwa pembelahan dada dan mengeluarkan hati beliau dan dicuci dengan air sam-sam.
- meninggal Ibunya pada umur 6 tahun
- meninggal kakeknya pada umur 8 tahun
- dipelihara oleh Abu Thalib (pamannya), mempekerjakan Rasulullah untuk mengembalakan kambing ketuka beliau telah tumbuh menjadi pemuda yang kuat dan kokoh.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar