RSS
Container Icon

SIRAH NABAWIAH

lanjutan ...

ketika Maisaro (pembantu Khadijah) melihat kepribadian Rasulullah . Khadijah ingin menjadi istri Rasulullah. Rasulullah menikah dengan Khadijah binti Khuwalid pada umur 25 tahun. Dari pernikahan itu, ada anak kecuali Al Kasim. anaknya yaitu Abdullah, Ibrahim, Zaenab, Rukhaeyah. Ummu Kaltsum, Fatimah. 6 dari Khadijah dan 1 dari Maria. semuanya meninggal sebelum Rasulullah jadi Rasul kecuali Fatimah dan Fatimah meninggal 6 bulan setelah eninggalnya Rasulullah saw. Zaenab menikah dengan ABUL Ashim Ibnu Haris yang merupakan anak dari paman Rasulullah saw. Ruqayyah dan Ummu Kultsum menikah dengan Usman biin Affan dan Fatimah menikah dengan Ali bin Abi Thalib. ibrahim meninggal waktu kecil.

ketika Rasulullah saw. berumur 25 tahun, mereka ingin bangun ka;bah dengan harta yang bersih dan suci. dan berbeda pendapat tentang peletakan hajar aswat. mereka sepakat untuk siapa yang masuk dialah yang meletakkan hajar aswat, kemudian datanglah Rasulullah saw. sangat terkenal dengan akhlaknya yang baik. ketika terjadi perselisihan, maka Rasulullah mengambil kain dan menyuruh memegag kain tersebut oleh kepala suku tersebut, Quraisy. kemudian Allah memberikan kecintaan keoada Rasulullah untuk mendatangi gua Hira. setelah berbulan-bulan beliau bersendirian di gua Hira. pada saat Rasulullah tertidur, wahyu pun turun. ada umur 40 tahun, beliau dipeluk oleh malaikat Jibril sambil mengatakan iqra' " bacalah" namun beliau tidak bisa membacanya. ini adalah ayat yang pertama kali turun. semenjak kejaian tersebut, beliau merasa takut dan mendatangi Khadijah dengan mengatakan " selimuti Aku" kemudian Khadijah membawa beliau (anak paman beliau Waraqah merupakan orang Nasaru yang paham tentang kenabian. dia berkata " ini adalah namus seperti yang dialami oleh Rasul sebelumnya" . saat takut, istri Rasulullah mengingatkan dan memperkokoh Rasulullah ". bagaimana mungkin Allah menyakitimu padahal engkau adalah orang yang jujur, suka menyambung tali silaturrahim. setelah beberapa waktu, wahyu terputus kemudian turun kembali surah Al Mudatstsir. ini adalah awal untuk perintah dakwah 13 tahun di Mekah dan 10 tahun di Madinah. 3 tahun dimakan secara sembunyi-sembunyi. beliau memulai dakwah kepada keluarga terdekatnya yaitu istrinya dan wanita yang pertama kali memeluk Islam, Abu Bakar (orang yang pertama kali masuk Islam dalam golongan orang tua), Ali bin Abi Thalib (pertama kali yang masuk Islam versi pemuda). setelah 3 tahun berlalu, beliau dakwah secara terang-terangan di bukit Safa untuk berkumpul dan mendengarkan apa yang disampaikan Rasulullah saw.

setelah semua kabilah berkumpul di bukit safa, beliau mengatakan : apakah kalian percaya akan ada sekelompok orang berkuda? ya kami percaya. lalu Rasulullah menyeru mereka kepada Allah? lalu Abu Lahab mengatakan " mengapa engkau ya Rasulullah" lalu turun Surah Al Lahab. Rasulullah mendapatkan berbagai macam siksaan, keluarga Yasir yang disiksa, kemudian Rasulullah berkata " bersabarlah wahai keluarga Yasir" begitupun dengan Bilal yang disiksa dengan ditimpa batu di tengah padang pasir + cahaya matahari. Bilal punya 2 rasa : salat dan iman. tapi iman saat itu kaum Quraisy menawarkan apa yang diinginkan oleh Rasulullah agar meninggalkan dakwah beliau.

paman Rasulullah dan sekaligus saudara-saudaranya yang masuk Islam adalah Hamzah bin Abdul Muthalib. semenjak keIslaman Hamzah bin Abdul Muthalib Islam menjadi kuat. Umar juga saat masuk ISLAM , Rasulullah berdoa, agar ISLAM dijayakan oleh Umar Bin Khattab atau Umar bin Hasyim. Namun, Allah memilih Umar bin Khattab. Hari-hari yang dilalui oleh kota Mekah dipenuhi oleh pemboikotan, penganiayaan orang-orang Quraisy terhadap kaum muslimin. hari-hari ini adalah hari yang diliputi kesedihan karena Khadijah dan Abu Thalib meninggal (paman Abu Thalib). diakhir hayat. Abu Thalib, Rasulullah hadir dan juga Abu Jahal, maka Rasulullah saw. mengatakan " ya Abu Thalib saya akan mengajarkan engkau untuk mengucapkan kalimat yang bisa memberikanmu safaat yaitu Lailaaha illallah. tai beliau tidak mengucapkannya.
Saudah binti Samlah adalah istri ke-2 dari Rasulullah saw.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar