RSS
Container Icon

jaringan ikat


Jaringan Ikat
Jaringan ikat adalah jaringan yang bertanggungjawab untuk menghubungkan dan mengikat sel dan organ yang akhirnya memberikan sokongan kepada tubuh.
Jenis-jenis jaringan ikat:
1.     Tulang rawan hialin
Tulang rwan hialin merupakan kerangka pada embrio dan pada individu dewasa, bentuk jaringan ikat khusus di mana ekstraselnya berkonsistensi padat sehingga tulang rawan ini memiliki daya kenyal yang memungkinkan jaringan ini menahan strs mekanik tanpa mengalami distorsi. Jaringan tulang rwan hilain merupakan salah satu jenis jaringan tulang rawan yang matriksnya terlihat jernih (hyslis; yun: seperti gelas)
Jaringan ini ditemukan pada permukaan sendi pada endi yang dapat bergerak, dinding jalan napas yang lebih besar (hidung, laring, trakea, bronki), ujung ventral iga, tempat beraktikulasi dengan sternum dan pada lemepeng epifisis.
Tulang ini berfungsi memperlihatkan sifat0sifat kekuatan luar biasa untuk penunjang dan juga memungkinkan tulang-tulang untuk bergerak bebas serta berperan dalam pertumbuhan dan pengapuran tulang panjang.
Bagian-bagaiannya, yaitu:
a.    Matriks merupakan zat yang dihasilkan sel-sel penyusun jaringan ikat dan tersebar di anatara sel-sel tersebut
b.    Lacuna adalah sel-sel tulang rawan hialin yang terletak dalam ruangan-ruangan kecil dalam matriks.
c.    Kondroblas merupakan diferensiasi dari sel-sel merokrin. Kondroblas tersusun atas kondrosit yang akan menjadi tulang rawan sintesis metrics.
2.    Struktur histology tulang keras
Tulang adalah jaringan ikat khusus bermineral yang terdiri atas materi intersel yang mengapur, yaitu matriks tulang dan 3 jenis sel otot, osteosit, osteoblast, dan osteokls yang merupakan sel raksasa berinti banyak yang berperan pada resorbsi dan pembentukan kembali jaringan tulang.
Jaringan ini berfungsi pada resorbsi, pembentukan kembali jaringgan tulang, sebagai gudang penimbunan untuk kalsium, dan kecepatan erosi serta pembentukan kembali tanggap terhadap variasi dalam metabolism mineral tubuh.
Jaringan ini terletak di bone ground (tulang belakang)
Bagian-bagiannya, yaitu:
a.    Sistem havers, merupakan pengelompokan lapisan-lapisan tulang konsentris, dengan saluran pusatnya. Terdiri atas gelangan-gelangan endapan tulang ekeliling saluran pembuluh sentral. Sebenarnya sistem ini berupa silindris padat memanjang pada jarak sangat besar dan sepanjang sumbu panjang tulangnya, terdiri atas matriks dari permukaan.
b.    Lamella sirkumferensial adalah laipsan-lapisan yang ditambahkan dari permukaan perosteum yang sama dengan bentuk luar tulangnya di sepanjang tepi luar dari permukaan tulang
c.    Saluran havers merupakan saluran yang terisi penuh lamella yang menagndung pembuluh darah, urat saraf, dan jaringan penyambung (connective tissue)
d.    Lamella interstisial, terdapat di antara sistem heversian yang silindris sebagai sisa-sisa sistem lama dengan bentuk baru yang sebagaian telah dibuang melalui proses resorbsi.
e.    Lacuna adalah sel-sel yang membentuk dan memelihara matriks terperangkap di dalam kulit keras matriks atau kondrosit yang terletak di dalam rongga matriks.
f.    Osteosit adalah sel pembentuk matriks yang luar biasa aktif yang lambat laun mengurung diri sendiri daam satu lacuna
g.    Saluran volkman meruapkan penghubung antara sati sistem havers dengan sistem havers lainnya.
3.    Eritrosit
Darah adalah jaringan penyambung terspesialisasi yang dibentuk dari sel-sel bebas dan suatu matriks yang cair (plasma). Eritrosit adalah sel darah yang berbentuk lempengan dengan diameter hamper 8 mikrometer.
Jaringan ini terletak dalam darah
Erotrosit mengandung protein yang disebut hemoglobin di dalam sitoplasma eritrosit yang berpadu dengan oksigen dan membentuk oksihemohlobin yang oksigennya dalam proses metabolism sel. Hemoglobin juga penting untuk mengangkut larbondioksida dari jaringan ke paru-paru dan memberikan warna kemerahan pada sel-sel yang mengandunggnya.
Eritrosit tidak bernukleus dan hanya mempunyai sitoplasma. Dalam keadaan segar trakea tampak berwarna lebih kehijau-hijauan daripada merah. Lekuk pada bagian pusat tiap sel darah merah menimbilkan bintik terang, yang pada penglihatan pertama dapat disalahtafsirkan sebagai nuleus. Akan tetapi, eritrosit dewasa tidak bernukleus pada dalam mamalia (binatang menyusui).
4.    Trombosit
Trombosit adalah sel darah yang berbentuk lempengan dengan diameter 2-4 mikrometer. Di dalam trombosit terdapat granula, namun trombosit tidak memiliki inti sel. Trombosit membantu penghentian keluarnya darah akibat kerusakan pada pembuluh darah.
Letaknya di jaringan vascular darah
Fungsinya, dalam proses pembekuan darah pada saat terjadinya luka pada tubuh.
5.    Leukosit
Leukosit adalah sel darah yang memiliki sebuah nucleus dan tidak mengandung hemoglobin. Gerak yang dilakukan disebut amoboid. Berdasarkan granula dalam sitoplasma, leukosit terbagi menjadi 2 jenis:
a.    Granulosit merupakan leukosit yang memiliki protein granuila di dalam sitoplasma. Granulosit menyusun 60-70% dari keseluruhan leukosit. Granulosit terdiri atas neutrofil, eosinofil, dan basofil.
b.    Agranulosit merupakan leukosit yang tidak memilki granula di dalam sitoplasmanya. Terdiri tas limfosit dan monosit.
Leukosit sering ditemukan di dalam jaringan penyambung. Pada umumnya, mereka bergerak melintasi dinding kapiler dan vebula dari darah.
Leukosit befungsi untuk pertahanan tubuh/antibody
Bagian-bagiannya, yaitu:
a.    Neutrofil adalah nucleus berlobus, granula berwarna ungu dan merah muda. Tempat pembentukan di sel retkuloneloti sum-sum tulang belakang.
b.    Eusinofil, ukuran dan bentuknya sama dengan neutrofil tetapi granula dan sitoplasmanya lebih besar.
c.    Basofil, granula membentuk bintik-bintik biru. Tempat pembentukan di sel retikulondoti sum-sum tulang belakang
d.    Monosit, bentuk dan ukuran berinti satu, besar bulat, berukuran 12-15 mm. sitoplasma banyak berwarna biru. Tempat pembentukan di limfa dan sum-sum tulang.
e.    Limfosit, bentuk dan ukuran berinti satu, besar, bulat, berukuran 6-9 mm. sitoplasma berwarna jernih. Tempat pembentukan jaringan limfosit dan kelenjar limfa.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar