RSS
Container Icon

jaringan otot


Jaringan otot
Jaringan otot merupakan jaringan yang bertanggungjawab untuk gerakan tubuh.
1.     Otot lurik/rangka
Jaringan otot lurik adalah sel-sel silindris dari sekitar 1 mm pada otot stapedius sampai lebih dari 4 cm pada otot-otot panjang anti gravitasi, seperti gluteus maksimus, dan bersifat volunteer.
Jaringan ini dijumpai pada sosok otot tersebut yang bersambungan dengan rangka tubuh dan berkaitan dengan gerakan tubuh.
Jaringan ini berfungsi sebagai penggerak rangka pada tubuh.
Bagian-bagian otot lurik yaitu:
a.    Endomisium merupakan serat bersambungan dengan anyaman halus jaringan penyambung yang terletak di bagian luar dan berfungsi sebagai pembungkus seluruh jaringan atau melindungi jaringan yanga da di dalam.
b.    Myofibril meruapkan serat sel yang kontraktil seperti benang-benang yang sangat halus sehingga terkadang tidak terdeteksi utuk menanggapi rangsangan dan merupakan penyebab terjadinya kontraksi.
c.    Inti sel, yang letaknya di pinggir disebabkan karena danya gerakan protein aktin dan myosin. Fungsinya sebagai pengatur.
d.    Pta gelap/ anisotropic adalah lempengan yang gelap yang meruapkan gars-garis yang lebih gelap di bawah polarisasi karena susunannya yang rapat sehingga berfungsi sebagai pemabtas pita isotropic.
e.    Pita terang/ isotropic atau pita-pita yang cerah merupakan serat yang menagndung serabut yang tipis atau yang renggang sehingga kan tampak lebih terang.
f.    Pita z meryuapkan garis gelap tipis yang memotong pita terang
g.    Pita H merupakan garis yang membagi 2 pita gelap /anisotropic
2.    Otot polos
Otot polos merupakan otot yang sel-selnya berbentuk spul pada pandangan samping, dengn sat nucleus tinggal yang terletak sentral dalam bagian terlebar elnya dan bekerja secra involunter.
Otot ini terletak di organ reproduksi, kantong kemih, pembuluh darah, saluran pernapasan, dan saluran pencernaan.
Otot ini berfungsi melapisi organ dalam seperti pada usus da uterus, memberikan gerakan di luar kehendak, misalnya zat sepanjang saluran pencernaan dan untuk mengontrol diameter pembuluh darah dann gerakan pupil mata.
Bagian-bagain otot polos, yaitu:
a.    Endomisium
b.    Inti sel, pucat karena kromatin granuler dan dapatbtampak terlipat atau terjepit jika selnya terjerat dalam kontraksi pada waktu fiksasi, terletak di tengah karena kontraksinya telalu berat, befungsi sebagai pengatur.
c.    Sarkolema meruapkaan cairan membrane plasma yang berada di dalam sitoplasma
d.    Sarkoplsma adalah cairan yang berada di dalam sarkolema
e.    Myofibril adalah serabut-serabut yang homogeny sehingga bila dilihat tampak polos dan tidak bergaris-garis. Myofibril inilah yang menyebabkan adanyya kontraksi dan mennggapi rangsangan.
3.    Otot jantung
Otot jantung adalah jaringan yang terdiri dari beberapa sel otot yang ditandai dengan adanya sejumlah besar filament sitplasma yang kontrakti, bentuknya seperti otot lurik tetapi memiliki percbangan daan bekerja secara involunter.
Jaringan ini terletak dalam dinding jantung dan veba besar yang memasuki jantung
Jaringan ini berfungsi untuk memompa darah keluar jantung
Bagian-bagiannya, yaitu:
a.    Inti sel
b.    Endomisium
c.    Discus interkalaris, berbentuk seperti tangga-tangga yang merupakan batas sel yang berbentuk garis-garis di anata sel otot jantung yang berlekatan, berfugsi untuk memeprkuat perlekatan otot dan memungkinkan terjadinya komunikasi listrik anatara sel yang berlekatan
d.    Myofibril
e.    Pita A
f.    Pita I
g.    Pita Z
h.    Pita H


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar