RSS
Container Icon

sistem integumen


Sistem integumen
Sistem integument meliputi kulit dan derivatnya. Kulit merupakan lapisan penutup yang umumnya terdiri atas dua lapisan utama yang letaknya di sebelah luar jaringan ikat kendur, sedangkat derivatnya meliputi struktur-struktur tertentu yang secara ontogeny berasal dari salah satu dari kedua lapisan utama pada kulit yang yang sesungguhnya yaitu epidermis dan dermis.
1.  Sisik ular
Sisik ular merupakan modivikasi dan diferensiasi dari lapisan kulit luar atau epidermis, sisik-sisik ini terbuat dari keratin, bahan yang menyusun kuku dan rambut. Tip sisik memiliki permukaan luar dan dalam, sisik ini saling menutupi pada pangkalnya seperti sesuai genting. Sisik-sisik ini saling menutupi memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Sisik-sisik ini bisa jadi berbutir-butir (granula), datar, halus, atau erring pula sisik-sisisik ini memiliki pori, lubang, bintil atau bentuk-bentuk halus yang dapat dilihat mata telanjang.
Sisik ini berfungsi untuk melindungi tubuh luar dan melindungi bagian sisik lainnya dan penagtur suhu tubuh.
Bagian-bagian:
a.    Ujung sisik, tempat menempelnya antara sisik-sisik
b.    Pangkal sisik, tempat menyatunya antara sisik
c.    Permukaan, tempat pelindung bagian dalam jaringan sisik
2.  Sisik biawak
Bentuk dan ukuran beraneka ragam yaitu ganoid, cycloid, dan ctenoid.
Sisik ctenoid, sisik ini ditemukan pada golongan ikan taleostei yang masing-masing terdapat pada golongan ikan berjari lemah. Tidak hanya itu, tiap sisik seperti ini terdapat pada golongan biawak. Sisik ini hanya meliputi adanya sejumlah dari- duari halus yang disebut ctani beberapa baris di bagian posteriornya. Pertumbuhan pada tipe sisik ini adalaj bagian atas dan bawah tidak menagndung jentine atau email dan kepipihnya sudah tereduksi menjadi lebih tipis, fleksibel dan transparan. Tampaknya tertanam ked lam sebuah kantung kecil di dalam dermis dengan susunan tulang seperti genting yang lapuk mengurangi gesekan dengan air.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar